Popular posts

Followers

wahyu putra pamungkas




          Bumi terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Bumi merupakan pelanet ketiga dalam system tata surya. Hingga saat ini hanya di Bumi yang terdapat kehidupan. Letaknya yang tidak terlalu dekat dengan Matahari mengakibatkan suhu rata-rata Bumi berkisar antara -88-57oC. sehingga pembanding, pelanet Merkurius  yang terdekat dengan Matahari memiliki suhu permukaan rata-rata 400oC saat mengghadap Matahari dan -170oC saat membelakangi Matahari. Suhu Bumi yang relative tidak terlalu tinggi ataupun rendah memungkinkan adanya kehidupan di Bumi.

          Dahulu orang berpendapat bahwa Bumi itu datar. Namun, pada kenyataannya Bumi merupakan pelanet yang berbentuk bulat. Bentuk bumi bukanlah bulat sempurna seperti bola. Bumi lebih mirip seperti sebuah bola yang dipipihkan atau disebut juga bulat pepat. Bukti bahwa Bumi bulat antara lain adalah sebagai berikut.

1                           Pada tanggal 20 September 1519 seorang pelaut Pourtugal bernama Ferdinand Magellan berlayar mengarungi samudra berkeliling dunia. Pelayarannya di mulai tahun 1519 dan berakhir tahun 1522. Mereka percaya jika kapal berlayar terus kea rah barat, maka dia akan kembali kearah semula. Hal itulah yang menandakan bahwa bumi berbentuk bulat.

2                Bukti lain bahwa Bumi bulat adalah jika kita mengamati perahu layar dari tepi pantai, maka sebelum kita melihat seluruh bagian kapal laut, mula-mula yang kita lihat adalah bagian tiang perahu di susul bagian depan perahu dan akhirnya kita akan melihat seluruh bagian perahu. Jika bentu Bumi datar, maka kita dapat melihat secara langsung seluruh bagian perahu layar.





Struktur Bumi

          Permukaan Bumi  terdiri dari daratan dan lautan. Secara struktur, lapisan Bumi di bagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut.

a       A. Kerak Bumi (Crush)

          Kerak bumi merupakan bagian luar Bumi (permukaan Bumi). Tebal lapisan kerak Bumi mencapai 70 km dan merupakan lapisan bantuan yang terdiri dari batu-batuan basa yang masam. Lapisan ini menjadi tempat tinggal bagi seluruh makhluk hidup. Suhu di bagian bawah kerak Bumi mencapai 1.100oC.

b     B.  Selimut atau selubung (Mantle)

          Selimut Bumi merupakan lapisan yang terletak di bawah lapisan kerak bumi. Tebal selimut Bumi mencapai 2.900 km dan merupakan lapisan batuan padat. Suhu di bagian bawah selimut Bumi mencapi 3.000oC.

C. Inti Bumi (Core)   
            Inti bumi terdiri dari material cair dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lainyang terdapat pada kedalaman 2.900-5.200 km. lapisan ini di bedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam. Lapisan iti luar tebalnya sekitar 2.000 km dan terdiri dari besi cair yang suhunya mencapai 2.200oC. inti dalam merupakan pusat Bumi berbentuk bola dengan diameter sekitar 2.700 km. inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4.500oC.

          Menurut susunanya kimianya, Bumi dapat di bagi menjadi empat bagian, yakni bagian padat (litosfel) yang terdiri dari tanah dan batuan; bagian cair (hidrosfer) yang terdiri dari berbagai bentuk ekosistem perairan seperti laut, danau, dan sungai; bagian udara (atmosfer) yang menyelimuti seluruh permukaan Bumi; serta bagian yang ditempati oleh berbagai jenis organisme (biosfer). Keempat komponen tersebut berinteraksi satu sama lain, misalnya dalam siklus biogeokimia dari berbagai unsur kimia yang di Bumi, proses transfer panas, dan perpindahan materi padat.





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

www.wahyuboisheda.blogspot.com