Popular posts

Followers

Unknown




          Matahari merupakan benda langit yang dapat memancarkan sendiri cahaya. Matahari merupakan pusat tata surya. Matahari sangat berperan penting bagi kehidupan di bumi. Energy panas dan energy cahaya matahari membantu kelangsungan hidup mahluk di bumi. Tanpa matahari tumbuhan hijau tidak dapat melakukan fotosintetis dan akibatnya tidak dapat menghasilkan makanan. Energy matahari membantu manusia dalam proses pembuatan vitamin D. kekurangan vitamin D menyebabkan penyakit rekitis. Tanpa energy panas matahari suhu bumi akan sangat dingin dan akibatnya tidak aka nada kehidupan.
Ukuran Matahari sangat besar di bandingkan dengan ukuran bumi. Ukuran Matahari hamper 1.000.000 kali volume bumi,artinya jika Matahari merupakan wadah, maka wadah tersebut dapat menampung 1.000.000 buah bumi.
          Matahari merupakan bola gas yang berpijar. Unsur pembentuk Matahri adalah gas hydrogen dan helium. Suhu permukaan matahari adalah 6000oC dah suhu di dalam inti Matahari kira-kira 15.000oC. Jarak Bumi dan Matahari sekitar 150.000.000 Km.

Matahari secara Detail :

-          - Merupakan benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri.
-          - Pusat tata surya.
-          - Bola gas raksasa yang terdiri dari gas Helium dan Hidrogen.
-          - Sumber energy bagi mahluk hidup.
-          - Volume Matahari 1300.000 x volume Bumi.
-          - Diameter (garis tengah) Matahari 109 x diameter Bumi.
-          - Suhu permukaan Matahari ± 15.000.000oC.
-          - Suhu bintik hitam Matahari ± 1500oC.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

www.wahyuboisheda.blogspot.com