Popular posts

Followers

Unknown

Cuaca adalah keadaan udara yang terjadi di suatu tempat dalam jangka waktu tertentu yang singkat. cuaca di pengaruhi oleh beberapa unsur, yaitu sebagai berikut.

Suhu udara



          Suhu merupakan ukuran panas dan dingin yang di miliki oleh benda. Suhu dapat diukur menggunakan thermometer. Untuk menyatakan suhu dapat di pakai berbagai skala Fahrenheit dan skala celcius.
          Suhu udara sangat mempengaruhi keadaan cuaca. Suhu yang tinggi menyebabkan cuaca yang panas, sebaliknya suhu yang rendah membuat cuaca dingin. Perubahan suhu udara dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut.


a.       A. Sudut Datang Sinar Matahari

          Sinar matahari akan terasa panas pada siang hari dibandingkan dengan pagi hari. Hal ini di sebabkan pada siang hari matahari jatuh tegak lurus terhadap permukaan Bumi. Jika sinar matahari yang sampai ke permukaan Bumi tidak tegak lurus, maka sinar matahari yang sampai ke permukaan Bumi akan lebih tersebar sehingga panas yang diterima lebih sedikit.

b.      B.Lama Penyinaran

         Daerah khatulistiwa setiap hari menerima sinar matahari selama 12 jam. Sementara itu, di daerah bagian utara dan bagian selatan, kadang-kadang selama beberapa bulan tidak menerima sinar matahari. Akibatnya, di daerah kutub pada bulan-bulan tertentu sangat dingin.

c.       C. Awan

          Awan dapat menutupi sinar matahari pada waktu siang. Sebagaian sinar matahari akan di serap dan sebagiannya lagi akan dipantulkan oleh awan. Hal ini mengakibatkan suhu dipermukaan Bumi akan berkurang panasnya. Awan bertanggung jawab atas turunya hujan.

d.      D. Keadaan Permukaan Bumi

         Daratan lebih mudah menyerap dan melepaskan panas dibandingkan dengan lautan. Akibatnya untuk daerah yang jauh dari laut seperti gurun Gobi (Asia tengah) dan Chad (Afrika) pada siang hari suhunya akan lebih terik. Beberapa daerah di Inggris yang dikelilingi laut, pengaruh lautan sangat besar dalam mengatur suhu sehingga tidak terlalu panas pada waktu musim panas dan tidak terlalu dingin pada waktu musim dingin. Karena pemanasan oleh sinar matahari, maka udara akan mengalami perubahan suhu yang bervariasi. Terkadang suhu udara rendah dan terkandang suhu udara tinggi. Untuk mengetahui suhu udara harian dapat dilakukan pengukuran suhu udara harian rata-rata yang dapat dihitung dengan persamaan:

T = 2Ta + Tb +Tc / 4
Keterangan:                    
T : Suhu harian rata-rata
Ta : Pengamatan suhu udara pada jam 07.00
Tb : Pengamatan suhu udara pada jam 13.00
Tc : Pengamatan suhu udara pada jam 18.00

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

www.wahyuboisheda.blogspot.com