Popular posts

Followers

wahyu putra pamungkas

          Karena terjadi proses pendinginan, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Jika udara sangat dingin, uap air dapat berubah menjadi Kristal-kristal es. Awan dapat seluruhnya berupa partikel-partikel es atau terdiri dari campuran titik-titik air dengan partikel es. Suatu saat titik-titik air tersebut akan bersatu sehingga sehingga menjadi lebih besar dan lebih berat. Titik-titik air tersebut bergabung menjadi tetes-tetes air. Jika tetes air ini jumlahnya sangat banyak dan cukup berat, maka udara sekitarnya tidak mampu lagi menahan, sehingga tetes air tersebut akan jatuh sebagai hujan jika awannya terdiri dari partikel-paertikel es, maka akan turun hujan salju.

          Banyanya curah hujan sangat mempengaruhi oleh banyaknya penguapan dan proses pendinginan uap air sehingga dapat dikatakan curah hujan sangat bergantung pada keadaan suhu udara.

          Daerah tropis lebih banyak lebih banyak menerima curah hujan karena penguapan kebih sering terjadi di daerah tropis. Hal ini terjadi Karena daerah tropis lebih banyak menerima pemanasan oleh matahari dibandingkan daerah lain.

          Hujan lebih banyak turun di lautan di bandingkan di daratan. Angina laut (angin yang bertiup dari laut ke darat) banyak mengandung uap air. Jika udara dingin, maka uap air yang terbawa angina menjadi awan, kabut, atau hujan.

          Daerah pegunungan lebih banyak menerima curah hujan. Hal ini disebabkan oleh udara di pegunungan lebih dingin sehingga kemungkinan terjadinya proses kondensasi uap air di daerah pegunungan lebih besar.


          Daerah berhutan lebih banyak menerima hujan di bandingkan dengan daerah tandus. Pohon-pohon terutama permukaan daun mengeluarkan uap air keudara ketika proses transpirasi. Dalam hutan lebat, transpirasi merupakan sumber uap air. Uap air hasil transpirasi akan jatuh kebumi berupa hujan.

          Curah hujan juga menentukan pembagian jenis tanaman, antara lain hutan, padang rumput, atau gurun. Setiap tanaman membutuhkan air dalam jumlah yang berbeda. Di daerah gurun terdapat sedikit atau bahkan tidak ada tanaman, tetapi pada daerah semigurun (stepa) tumbuh padang rumput atau semak. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

www.wahyuboisheda.blogspot.com